BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang dan Rumusan Masalah
1.1.1 Latar Belakang Masalah
Sastra merupakan hasil seni yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Sebagai bentuk seni, sastra telah tumbuh dan berkembang mengisi peradaban manusia. Seiring dengan perkembangan itu, sebagian ahli memberikan definisi yang beragam-ragam mengenai sastra. Sastra menurut Sudjiman (1984:68) ialah karya lisan atau tertulis yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya. Saad berpendapat, bahwa sastra adalah seni yang mempersoalkan kehidupan (melalui Semi, 1988:20). Sastrawan yang baik akan berusaha mendekati hakikat kehidupan itu agar karya-karyanya benar-benar bermakna bagi segenap pembacanya.
Berdasarkan pendapat tersebut, sastra dengan kehidupan merupakan satu mata rantai yang tidak mungkin terpisahkan. Dari kehidupan, sastra lahir dan berkembang sebagai ungkapan pengalaman penyair, pengarang, dan sastrawan mengenai kehidupan. Karya fiksi merupakan salah satu contoh hasil eksplorasi oleh pengarang terhadap kehidupan. Menurut Saleh, fiksi sering pula disebut cerita rekaan. Cerita rekaan yaitu, cerita prosa hasil olahan pengarang berdasarkan pandangan, tafsiran, dan penilaian-penilaiannya tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi (Semi, 1988:31).
Karya sastra diciptakan sebagai hasil dialog, kontemplasi, dan reaksi pengarang terhadap lingkungan dan kehidupan (Nurgiyantoro, 2000:3). Sebagai hasil dialog, kontemplasi, dan reaksi pengarang terhadap lingkungan dan kehidupan, karya sastra merupakan miniatur kehidupan dengan segala persoalannya. Tema, ide, dan gagasan pengarang bersumber dari kehidupan masyarakat. Pengangkatan kehidupan sosial masyarakat ke dalam bentuk karya sastra mengangkat pula permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat secara imajinatif.
Pengarang adalah salah anggota masyarakat. Masyarakat tersebut mempunyai tatanan, peradapan, dan sistem nilai yang dianut bersama-sama seluruh anggota masyarakat. Sebagai anggota masyarakat pengarang mengikuti tatanan, peradaban, dan sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat.
Nilai adalah patokan normatif. Nilai pada pengertian dasar adalah sifat-sifat atau hal-hal yang penting atau berguna bagi kemanusiaan (Moeliono, dkk.,1993:615). Sementara itu norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku yang sesuai dan diterima (Moeliono,dkk.,1993:617). Melihat dua pengertian tersebut, maka nilai dan norma merupakan satu kesatuan tatanan yang berlaku dalam masyarakat. Nilai dan norma berjalan dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya nilai yang dipatuhi memunculkan norma yang berlaku dimasyarakat. Seperti dikatakan oleh Mulyana (2004:10) bahwa nilai itu ada, ia merupakan fakta alam, manusia, budaya dan pada saat yang sama ia adalah norma-norma yang telah disadari.
Di antara sistem nilai yang ada di masyarakat salah satu di antaranya adalah nilai kemanusiaan. Nilai kemanusiaan adalah nilai tentang harkat manusia. Manusia merupakan makhluk yang tertinggi di antara makhluk ciptaan Tuhan, sehingga nilai-nilai kemanusiaan itu mencerminkan kedudukan manusia sebagai mahkluk tertinggi di antara mahkluk-mahkluk lainnya. Seseorang yang mempunyai nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi menghendaki masyarakat memiliki sikap dan perilaku sebagai layaknya manusia. Sebaiknya, dia tidak menyukai sikap dan perilaku yang sifatnya merendahkan manusia lain. Jadi, manusia harus “berperikemanusiaan”, dan bukan “berperikebinatangan”. Cerita rekaan yang bersumber pada kehidupan manusia itu banyak yang mengangkat nilai-nilai kemanusiaan. Salah satu cerita rekaan novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
Novel ini cukup bernilai ditinjau dari segi kesusastraannya, karena terbukti memenangi sayembara penulisan roman Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), dan pernah dimuat secara bersambung di harian Kompas, tanggal 10 Juni sampai dengan 16 Juli 1981. Cerita novel ini masih relevan dengan masalah-masalah kehidupan sosial di kota Jakarta saat ini, karena sampai saat ini masih kita jumpai di setiap persimpangan jalan orang meminta-minta, karena mereka dirundung kemiskinan dan ketidakberdayaan.
Karya sastra fiksi khususnya novel, yang berkembang sebagai bacaan masyarakat, memiliki peran besar dalam mengubah perilaku dan kesadaran terhadap kehidupan. Fiksi sebagai suatu karya sastra dibangun menjadi unsur-unsur pembangunnya. Struktur fiksi secara garis besar dibagi menjadi dua unsur, yaitu unsur luar (ekstrinsik) dan unsur dalam (instrinsik). Semi (1988:35) berpendapat bahwa:
Berbicara mengenai anatomi fiksi berarti berbicara tentang struktur fiksi atau unsur-unsur yang membangun fiksi itu. Struktur fiksi itu secara garis besar dibagi atas dua bagian, yaitu: (1) struktur (ekstrinsik) dan (2) struktur dalam (instrinsik). Struktur luar (ekstrinsik) adalah segala macam unsur yang berada di luar suatu karya sastra yang ikut mempengaruhi kehadiran karya sastra tersebut, misalnya faktor sosial ekonomi, faktor kebudayaan, faktor sosio-politik, keagamaan, dan tata nilai yang dianut masyarakat. Struktur dalam (instrinsik) adalah unsur-unsur yang membentuk karya sastra tersebut seperti penokohan atau perwatakan tema, alur (plot), pusat pengisahan, latar, dan gaya bahasa.
Peneliti sastra yang bijaksana tentu akan mempertimbangkan dan memperhatikan kedua unsur tersebut jika dirinya ingin menelaah suatu karya sastra (fiksi) yang diciptakan oleh pengarang.
Segi intrinsik akan sangat membantu dalam menyelami “tubuh” karya sastra itu. Sedangkan segi ekstrinsik akan memudahkan peneliti dalam mengupas tujuan atau atas reaksi apa karya sastra tersebut dilahirkan. Menurut Saad (melalui Sudjiman,1992:16-17) penelitian sastra sedikit banyak harus mengharapkan peranan ilmu-ilmu bantu itu.
Dalam tulisan ini, penulis bermaksud mendeskripsikan struktur karya sastra dan mengungkap nilai-nilai kemanusiaan yang ada dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti. Pemilihan novel ini sebagai objek penelitian didasarkan atas suatu pemikiran bahwa novel ini diangkat dari kehidupan manusia untuk memperjuangkan hidupnya, di tengah dinamika kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti ini lebih banyak mengungkap tentang kehidupan manusia. Persoalan kemanusiaan yang terdapat dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti ialah upaya manusia memperjuangkan hidup di tengah- tengah penderitaan.
1.1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di depan, perlu dirumuskan permasalahannya. Perumusan masalah itu sebagai berikut.
1. Bagaimanakah struktur novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti ?
2. Nilai-nilai kemanusiaan apa saja yang terdapat dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti ?
1.2 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.2.1 Tujuan Penelitian
Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut.
1. Memperoleh deskripsi mengenai strukrur novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
2. Memperoleh deskripsi mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang ada dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
1.2.2 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemahaman nilai-nilai kemanusiaan novel Ketika Lampu Berwana Merah karya Hamsad Rangkuti dan dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut, bagi mereka yang ingin meneliti untuk karya sastra-karya sastra lain khususnya karya-karya Hamsad Rangkuti.
1.3 Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
1. Struktur novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
2. Nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
1.4 Metode Penelitian
1.4.1 Metode Penelitian
Penggunaan suatu metode dalam menganalisis karya sastra sangatlah diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, untuk menangkap isi atau maksud suatu karya sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sosiologi sastra. Yang dimaksud sosiologi sastra adalah adalah cabang ilmu sastra yang mempelajari sastra dalam hubungannya dengan kenyataan sosial. Kenyataan sosial mencakup pengertian konteks pengarang dan pembaca ( Noor, 2004:89). Aspek-aspek kemanusiaan dalam teks termasuk dalam pembicaraan sosiologi karya sastra, yang dimaksud sosiologi karya sastra adalah penafsiran teks sastra secara sosiologis ( Noor, 2004: 89-90)
Penelitian ini merupakan penelitian sosiologi sastra, yaitu mendeskripsikan secara sosiologis data yang tersedia dari teks sastra dalam novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti, berdasarkan intuisi peneliti dan teori yang ada. Pendekatan yang diambil dalam mendeskripsikan data penelitian adalah pendekalatan nilai. Nilai tersebut adalah nilai-nilai yang berlaku secara umum di masyarakat yang kemudian dipadukan dengan nilai-nilai yang berlaku dalam teks sastra menjadi dasar analisis penelitian. Data penelitian dikumpulkan, kemudian diinterpretasikan secara intuisi dengan menekankan pada nilai-nilai kemanusiaan.
1.4.2 Teknik Pengumpulan data
Jenis data penelitian, yaitu data mengenai unsur-unsur sastra yang antara lain berupa alur, latar, tokoh, dan tema. Unsur ekstrinsik sastra yang dikhususkan pada aspek nilai-nilai kemanusiaan. Sumber data penelitian adalah novel Ketika Lampu Berwarna Merah karya Hamsad Rangkuti.
1.5 Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian tesis ini mencakup beberapa hal seperti teori tentang nilai, nilai-nilai kemanusiaan, nilai sosial, teori-teori itu semuanya akan disajikan dalam bab dua. Di samping itu digunakan juga teori sosiologi sastra dan teori mengenai fiksi atau cerkan yang mencakup unsur-unsur cerita.
1.6 Sistematika Penulisan
Penyusunan laporan penelitian ini menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut.
Bab satu, pendahuluan yang meliputi; latar belakang dan rumusan masalah tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian, landasan teori, dan sistematika penulisan.
Bab dua, tinjauan pustaka yang membahas penelitian sebelumnya, landasan teori yang mencakup; pengertian novel, struktur novel, unsur-unsur intrinsik novel, tentang nilai yang berisi; teori nilai, teori nilai norma fakta dan tindakan, nilai-nilai kemanusiaan yang mencakup; teori tentang nilai kemanusaan, teori tentang nilai sosial, teori tentang nilai moral atau kesusilaan, teori tentang nilai agama, sosiologi sastra yang meliputi; konteks sosial saat karya sastra diciptakan, fungsi sosial sastra.
Bab tiga, struktur novel novel Ketika Lampu Berwarna Merah dan nilai-nilai kemanusiaan.
Bab empat, simpulan
Sumber: http://www.undip.ac.id
Untuk lebih lengkap bisa email ke dee_nbl@yahoo.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...