Sabtu, 24 Maret 2018

Sayembara Logo Branding Pariwisata Provinsi Jambi Tahun 2018

Foto: www.google.co.id
Menyongsong era pasar bebas beberapa tahun ke depan, persaingan antar daerah untuk mendapatkan kepercayaan terbaik dalam keunggulan wilayah, maka kiranya diperlukan logo branding sebagai sarana memperkuat strategi pemasaran dan pencitraan pariwisata daerah, sebagaimana telah diluncurkannya Pedoman PenggunaanLogo Branding Kepariwisataan Indonesia oleh Kementerian Pariwisata RI. 
Penggunaan Logo Branding Kepariwisataan, berarti Provinsi Jambi siap mengedepankan potensi dan keunggulan wilayah untuk dipromosikan dan dipasarkan agar semakin banyak wisatawan berkunjung ke Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Berdasarkan pemahaman tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi akan menggali dan mengeksplorasi berbagai gagasan inovatif dari segenap lapisan masyarakat luas untuk dapat dituangkan kedalam sebuah karya desain yang bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan potensi daerah melalui Lomba Desain Logo Branding Kepariwisataan Jambi.

TEMA
“Eksplorasi Pesona Keindahan Alam dan Budaya Jambi”

TUJUAN
Tujuan diadakannya lomba adalah untuk menghasilkan identitas visual berbentuk Logo dan Branding Kepariwisataan Jambi yang mencerminkan ciri identitas daerah, keunggulan potensi pariwisata,keagungan seni budaya dan kearifan lokal masyarakat Provinsi Jambi.

KRITERIA LOMBA
Kriteria pembuatan logo branding kepariwisataan mengacu pada pedoman penggunaan branding kepariwisataan secara Nasional oleh Kementerian Pariwisata R.I, yang telah diluncurkan pada tanggal 23 Desember 2014 di Jakarta.

Logo terdiri dari 2 (dua) unsur yaitu: logogram (komponen gambar) dan logotype (komponen tulisan/branding) yang dapat dibuat dalam masing-masing unsur tersendiri atau  hasil kreasi kombinasi antarunsur dimaksud sehingga menjadi sebuah logo.

Kriteria isi keseluruhan: mencerminkan potensi, mengakomodasi visi, sehingga mampu mempromosikan dan memasarkan kepariwisataan Jambi.

Kriteria logogram (komponen gambar): mewakili ciri/identitas daerah, menarik, unik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diingat.

Kriteria tulisan/branding: menarik, mudah dipahami, mudah dikenal, mudah diucapkan dan mudah diingat dengan hanya 1 (satu) ungkapan kata dalam bahasa Indonesia/Inggris yang diikuti oleh tulisan Jambi ataupun sebaliknya (disesuaikan dengan kaidah penulisan) dan dapat disertakan tanda baca.

Kriteria bentuk: unik, menunjukkan ciri khas Provinsi Jambi, mengikuti kaidah/prinsip-prinsip desain (kesatuan,keseimbangan, proporsi, irama, dominasi dan warna)

Kriteria warna : memiliki komposisi yang seimbang dan serasi. Memiliki fleksibilitas untuk diaplikasikan ke berbagai media.

Karya desain yang dikirim adalah buatan sendiri dan bukan jiplakan (plagiat) ataupun mempunyai kemiripan dengan karya desain yang lain.

Peserta bersedia mengikuti rangkaian acara dan prosedur kompetisi
Peserta bersedia mengikuti kaidah-kaidah dan aturan tata perlombaan/sayembara logo/branding

SISTEM SELEKSI DAN PENJURIAN LOMBA

  • Sistem seleksi dan penjurian lomba desain logo branding dilakukan secara bertingkat, yaitu:
  • Seleksi awal adalah seleksi teknis administrasi dilakukan oleh panitia.
  • Seleksi kedua dilakukan oleh tim penilai/juri untuk mencari 5 (lima) desain logobranding 
  • Presentasi 5 (lima) desain logo branding terbaik di hadapan tim penilai/ juri kemudian dilakukan seleksi akhir oleh tim penilai/juri untuk mencari dan menetapkan desain terpilih.
  • Keputusan tim penilai/juri tidak dapat diganggu gugat.

KRITERIAPENILAIAN
1. Orisinalitas karya.
2. Relevansi logo dengan tema.
3. Kreativitas dan estetika.
4. Deskripsi/penjelasan dari logo dan branding (latar belakang,makna, filosofi, konsep, kekuatan daya tarik desain dan kesankeseluruhan).

PESERTA LOMBA
1. Pelajar SMA/SMK/MA/sederajat
2. Mahasiswa
3. Praktisi
3. Akademisi
4. Masyarakat umum
5. Perorangan

PELAKSANAAN LOMBA
Mulai dan batas akhir pengumpulan
Mulai  Hari tanggal: Senin, 19 Maret 2018, Pukul: 14.00 WIB
Batas Akhir  Hari tanggal: Senin, 16 April  2018, Pukul: 14.00 WIB
Pengumuman seleksi 5 besar Hari tanggal  Rabu, 18 April 2018  Pukul: 10.00 WIB
Presentasi 5 besar di hadapan tim penilai/ juri
Hari tanggal : Sabtu, 28 April 2018
Pukul            : 10.00 WIB sd selesai
Tempat         : Aula WTC Batanghari

Pengumuman pemenang
Hari tanggal : Sabtu, 28 April 2018
Pukul            : 19.00 WIB sd selesai
Tempat         : Aula WTC Batanghari

Catatan:
Peserta yang masuk 5 besar mempersiapkan file data presentasi dan print out desain untuk tim penilai/juri sebanyak 3 (tiga) rangkap.
Pada saat presentasi 5 besar, panitia menyediakan laptop, LCD proyektor, dan Konsumsi. Untuk semua peserta 5 besar transportasi dan akomodasi ditanggung masing-masing peserta.

KETENTUAN TEKNIS
Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu desain logo branding beserta lampiran penjelasan desain.
Peserta wajib melampirkan Surat Pernyataan ditandatangani di atas materaisecukupnya yang menjelaskan bahwa desain logo branding yang dilombakan adalah karya sendiri, belum pernah dipublikasikan dan belum pernah dilombakan sebelumnya.

Melampirkan identitas diri, berupa nama lengkap, alamat, pekerjaan, nomor handphone/telp, alamat email, dan fotokopi KTP atau kartu identitas lainnya.

Panitia berhak melakukan penyempurnaan atas Desain Logo Branding yang terpilih sebagai pemenang.

Desain logo branding yang dinyatakan sebagai pemenang lomba, secara sah hak penggunaannya ada pada Pemerintah Provinsi Jambi.

Lomba ini tidak boleh/tertutup bagi karyawan/ti Disbudpar Prov Jambi.

Hasil karya peserta desain dicetak dalam ukuran kertas A4 dan dikumpulkan beserta softcopy desain atau CD/DVD dalam format AI, CDR, PSD, JPEG atau PNG. Untuk file penjelasan logo dalam format MS Word atau PDF, diserahkan secara langsung paling lambat Jumat 16 April 2018 kepada:
Sesde Seharja A.Md (081374084084)
Romi Dwi Saputra S.T (085267008800)
Ilhamsyah (082281177741)
Atau dikirimkan via pos kepada:

Sekretariat Lomba Desain Logo Branding Kepariwisataan Provinsi Jambi
JL.KH Agus Salim Kota Baru Jambi Kodepos 36128 Telp. (0741) 445054
Soft copy bisa dikirim via alamat email : brandingpariwisatajambi@gmail.com dilengkapi identitas diri, berupa nama lengkap, alamat, pekerjaan, nomor handphone/telp, alamat email (hard copy tetap harus disampaikan kepanitia sesuai ketentuan).

Dengan memiliki branding yang telah ditetapkan maka akan memudahkan bagi pelakasanaan promosi yang dilakukan dalam rangka menyebar luaskan potensi yang dimiliki Provinsi Jambi.

Logo atau brand yang akan diresmikan diharapkan dapat mewakili aset dan potensi pariwisata Provinsi Jambi agar lebih dikenal dan mudah diingat oleh wisatawan guna untuk meningkatkan kunjungan wisata nasional khususnya Provinsi Jambi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...