Minggu, 19 Maret 2023

Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/SMK/MA Se Provinsi Jambi 2023

Syarat dan Ketentuan 


Peserta dalam satu tim terdiri atas 3—6 orang siswa.

Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA di Provinsi Jambi yang dibuktikan dengan surat keterangan yang distempel dan ditandatangani kepala sekolah.

Peserta menampilkan puisi wajib berjudul “Sebuah Kota” karya Ahda Imran (dapat diunduh di laman: puisi wajib ) dan puisi pilihan (dapat diunduh di laman: puisi pilihan) dengan ketentuan peserta wajib mencantumkan sumber referensi (judul buku, nama penulis, dan tahun terbit)

Penampilan musikalisasi puisi dilakukan di dalam ruangan yang kondusif.

Peserta membuat dua video musikalisasi puisi (satu video untuk puisi wajib dan satu video untuk puisi pilihan). Durasi video musikalisasi puisi maksimal 5 menit untuk puisi wajib dan 5 menit untuk puisi pilihan. Penghitungan waktu dimulai pada saat musik berbunyi atau saat kata pertama diucapkan dan diakhiri pada saat musik berhenti atau saat kata terakhir diucapkan.

Peserta tidak memperkenalkan diri dan tidak menyebutkan judul puisi serta nama

Puisi dinyanyikan secara utuh (tidak dideklamasikan atau didramatisasi). Peserta tidak dibenarkan menambah, mengurangi, mengubah, atau mengulang suku kata/kata/lirik/bait dalam teks puisi. Jika terdapat pengulangan, puisi dinyanyikan secara utuh, tidak hanya sebagian

Peserta tidak menambahkan gumam atau adlib (ad libitum).

Musikalisasi puisi disajikan dengan menggunakan instrumen/alat musik tradisional dan/atau modern (elektrik dan/atau akustik) yang dimainkan oleh anggota tim secara langsung atau disajikan dengan cara akapela.

Peserta memakai kostum bebas, sopan, dan rapi. Jika hendak menyelaraskan kostum dengan tema puisi, peserta mengenakan kostum yang selaras dengan presentasi puisi wajib dan presentasi puisi pilihan. Jika penyelarasan kostum tidak dilakukan, peserta mengenakan kostum yang netral.

Video musikalisasi puisi tidak menimbulkan konflik suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta tidak melanggar hak cipta (musik/aransemen bukan plagiarisme).

Video musikalisasi puisi merupakan satu video rekaman utuh (one take video) dengan kualitas audio dan visual yang baik (rasio 16:9 dan resolusi 1280×720 HD). Video diambil hanya dengan menggunakan satu kamera dalam posisi pengambilan gambar horizontal atau mendatar secara statis, tanpa memanfaatkan teknik zum keluar (zoom out) dan zum masuk (zoom in). Semua anggota tim beserta instrumen/alat musik yang dimainkan terlihat utuh dalam satu bingkai video.

Format penulisan judul pada video puisi wajib

Puisi Wajib: “(judul puisi)” Karya (nama penyair)

Contoh: Puisi Wajib: “Sebuah Kota” Karya Ahda Imran

Format penulisan judul pada video puisi pilihan

Puisi Pilihan: “(judul puisi)” Karya (nama penyair)

Contoh: Puisi Pilihan: “Kota Luka” Karya Indrian Koto

Video yang dikirim untuk mengikuti festival ini tidak sedang diikutkan dalam festival atau kompetisi serupa lainnya. Video yang dikirim untuk mengikuti festival ini dapat dimanfaatkan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi dalam rangka pengembangan dan pembinaan bahasa dan sastra Indonesia.

Selama proses latihan dan pengambilan video, peserta tetap memperhatikan protokol

Apabila peserta tidak memenuhi syarat dan ketentuan, panitia berhak mendiskualifikasinya.

Info lengkap bisa dilihat di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...