Senin, 05 Februari 2024

Ayo Lestarikan Bahasa Daerah!

Pernahkah terbayangkan oleh teman-teman bahwa kita sebenarnya punya peran terhadap punahnya bahasa ibu/daerah. Kondisi bahasa daerah saat ini mengalami kemunduran. Seiring berjalannya waktu, berlahan namun pasti satu persatu bahasa daerah punah. Salah satunya disebabkan oleh berkurangnya penutur bahasa daerah tersebut. 

Hasil pemetaan bahasa di Provinsi Aceh yang pernah dilakukan oleh tim pemetaan bahasa Balai Bahasa Provinsi Aceh menunjukkan adanya gejala kepunahan bahasa. Kondisi ini tentu sangat memperihatinkan. 

Salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan dalam upaya menjaga bahasa daerah Aceh adalah dengan mempelajari bahasa yang ada di Provinsi Aceh. Nah, saat ini teman-teman bisa belajar bahasa daerah Aceh dari kamus daring yang dikembangkan oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh yang bisa teman-temah akses di tautan berikut http://kamusbbpa.kemdikbud.go.id. Balai Bahasa Provinsi Aceh secara berkelanjutan terus mengembangkan kamus digital dengan penambahan entri dan penambahan menu konten. Semoga ini bisa membantu teman-teman semua dalam mempelajari bahasa daerah yang ada di Provinsi Aceh. Salam Literasi! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...