Senin, 23 April 2012

Peranan Komunikasi dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Kerinci


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Problematik

Dalam situasi apapun, setiap organisasi, baik pemerintah maupun swasta, selalu terlibat dengan kegiatan komunikasi. Komunikasi  dengan segala aspeknya memegang peranan penting dalam organisasi. Dengan berkomunikasi orang akan menjadi lebih bergairah untuk berusaha di dalam mewujudkan tujuan, baik tujuan individu maupun tujuan kelompok.
Sebagaimana lazimnya dalam kehidupan manusia komunikasi mempunyai peranan penting, dan dapat dikatakan sebagian besar dari kegiatan manusia yang dilakukan dengan jalan berkomunikasi. Manusia sebagai makhluk individu sekaligus sebagai makhluk sosial memiliki dorongan ingin tahu, ingin maju dan berkembang, dengan memanfaatkan media komunikasi. Karena komunikasi merupakan kebutuhan yang mutlak bagi kehidupan manusia.
Dalam kehidupan sehari-hari akan sangat terasa sekali besarnya peranan komunikasi. Sebagaimana yang dikatakan oleh Seashore SE,    Direktur Lembaga Riset Sosial Universitas Michigan “Tanpa komunikasi tidak ada kehidupan sosial yang langgeng dan teratur, kesejahteraan dan prestasi setiap sistem sosial. Apakah itu suatu organisasi, lingkungan, daerah metropolitan, keluarga atau kesatuan semacamnya, bergantung kepada tingkat mudah dan pastinya komunikasi.
Dengan demikian maka komunikasi dan pengawasan merupakan bagian yang hakiki bagi hidup manusia dalam proses kerjasama mencapai tujuan. [1]
Dengan memperhatikan hal tersebut diatas, maka Pimpinan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kerinci dalam usaha mencapai tujuan dan efektifitas kerja, perlu bantuan orang lain atau para pegawai. Semua ini harus dimulai dengan komunikasi yang bersifat mengajak, bersifat perintah kearah mencapai tujuan secara efektif. Dilihat dari pimpinan sebagai komunikator dalam kenyataan sudah dihadapkan dengan bermacam perintah dan intruksi yang harus dikerjakan para pegawai. Bagaimana akibat serta pengaruh dari perintah atau intruksi itu dapat diterapkan pada pegawai. Salah satu kelancaran proses kerja, bukan cocoknya misi yang diberikan kepada para pegawai, akan tetapi pelaksanaan dari misi yang disampaikan dapat dimengerti oleh para pegawai atau bawahan yaitu dengan berkomunikasi.[2]
            Jelaslah disini yang menjadi permasalahan adalah:
1.    Sejauh manakah peranan komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan beserta staf ahlinya dalam meningkatkan efektifitas kerja di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kerinci?
2.    Sejauh manakah pihak komunikator dapat memberikan pengertian kepada pegawai, dalam mencapai efektifitas kerja?


[1]

Untuk lebih lanjut bisa kontak ke email dee_nbl@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...