Oleh: Sarwono
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa Indonesia melalui penyuluhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara angket berupa tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir ada peningkatan kemampuan dalam menggunakan bahasa Indonesia setelah mendapat penyuluhan bahasa Indonesia. Pada tes awal rata-rata jumlah jawaban yang benar 63,36 dan tes akhir jumlah jawaban yang benar rata-rata 78,59
Kata kunci: peningkatan, kemampuan, bahasa Indonesia, penyuluhan bahasa Indonesia,
Abstract
The purpose of this study to identify the increasing of teacher's ability to use Indonesian language through Indonesian’s counseling. This research used descriptive quantitative method by distributing questionnaire in the form of tests. The results showed that based on the results of the initial test and final test, there were an increasing ability to use Indonesian language after receiving counseling. In preliminary tests the average number of correct answers were 63.36 and the average number of correct answers on final test were 78.59 .
Keywords: increase in, the ability, Indonesian, Indonesian extension
1. Pendahuluan
Upaya pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dan pendukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya perlu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, terencana, dan berkesinambungan. Upaya pembinaan ditunjukan agar pemakai bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuannya terhadap penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar serta mempunyai sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Salah satu upaya itu dilakukan melalui kegiatan penyuluhan.
Penyuluhan bahasa Indonesia perlu dilakukan agar sarana komunikasi verbal milik bangsa digunakan oleh masyarakat pemakai secara tertib, cermat atau efisien dan efektif. Penyuluhan adalah cara atau perbuatan untuk menerangi sesuatu yang kurang terang. Artinya, penyuluhan lebih bersifat menyegarkan kembali ingatan peserta pada pengetahuan yang sudah dimiliki atau diterima sebelumnya. Selain itu, penyuluhan bahasa Indonesia dapat juga diartikan sebagai upaya menyegarkan kembali ingatan para guru pada kaidah-kaidah yang berlaku dalam bahasa Indonesia.
Guru sebagai tenaga pendidik memegang peranan yang sangat penting dalam sistem dan proses pendidikan di sekolah, terutama di tingkat dasar. Mereka dituntut untuk menguasai berbagai mata pelajaran sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya sebagai guru kelas. Bagi guru di tingkat dasar, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan suatu tantangan tersendiri mengingat bahwa mereka adalah peletak dasar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan berbahasa Indonesia.
Pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat dasar berfungsi sebagai sarana untuk membantu peserta didik mengemukakan perasaan dan membantu mereka agar dapat berpartisipasi dalam masyarakat menggunakan bahasa Indonesia. Dalam tugasnya sebagai guru bahasa Indonesia, guru sekolah dasar dituntut memiliki keterampilan berbahasa karena ia sering dijadikan contoh dalam pemakaian bahasa bagi para siswanya. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi guru yang tinggi dalam mengajarkan bahasa Indonesia. Kompetensi tersebut meliputi kemahiran berbahasa dan pengetahuan bahasa.
Kantor Bahasa Provinsi Jambi sebagai lembaga yang memiliki visi dan misi pengembangan dan pembinaan bahasa selalu menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia. Hal ini sebagai upaya dalam memasyarakatkan dan mengembangkan bahasa sebagai sarana komunikasi yang digunakan dalam dunia pendidikan khususnya. Di samping itu, kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan kaidah bahasa Indonesia.
Berdasarkan hal-hal di atas, penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang pengaruh penyuluhan bahasa Indonesia terhadap peningkatan pemahaman dan penguasaan kaidah bahasa Indonesia guru-guru sekolah dasar di Kota Jambi yang telah dilaksanakan pada 29--31 Oktober 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini (1) bagaimana peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa Indonesia ; (2) apakah ada peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan kaidah bahasa Indonesia setelah mengikuti penyuluhan bahasa Indonesia ?
Sesuai dengan permasalahan yang diajukan, penelitian ini bertujuan menggambarkan peningkatan kemampuan guru terhadap materi penyuluhan bahasa Indonesia dan mendeskripsikan peningkatan kemampuaan guru dalam menggunakan kaidah bahasa Indonesia.
Sumber: Jurnal Mlangun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...