Oleh: Iryalis
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru bersama siswa. Dalam setiap pembelajaran membutuhkan pengetahuan yang memadai agar pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dan siswa dituntut agar berkomunikasi dengan baik karena melalui komuniasi tersebut siswa dan guru bisa berinteraksi.
Komunikasi yang baik akan menghasilkan interaksi yang baik pula untuk itu diperlukan pemahaman siswa yang lebih. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia banyak ditemukan permasalahan-permasalahan yang ditemui oleh guru. Permasalahan tersebut ada yang bersumber dari guru dan ada juga yang berasal dari siswa.
Permaslahan-permasalahan yang ditemui saat ini yaitu, siswa tidak memperhatikan guru menerangkan materi, siswa malu bertanya, siswa tidak paham dengan materi menyunting kalimat pada karya tulis sederhana, siswa tidak mau mengerjakan tugas, dan guru tidak menemukan media yang tepat. Banyaknya permasalahan tersebut mendorong penulis untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada.
Dari sekian banyaknya permaslahan yang muncul, maka penulis memilih penelitian yang menekankan pada materi menyunting kalimat pada karya tulis sederhana. Mengatasi masalah tersebut penulis akan menggunakan model complete sentence.
Dengan demikian, penulis mengambil judul Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IXA SMPN 14 Kerinci dalam Menyunting Kalimat pada Karya Tulis Sederhana.
Sumber: Pelatihan KTI untuk Guru SLTP dan SLTA 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...