Oleh: Gusmarni Yelmita
A. Latar Belakang Masalah
Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki pengaruh langsung terhadap keterampilan bahasa lainnya, seperti berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini seperti dikatakan Tarigan (1996:26) bahwa latihan menyimak akan mengakibatkan pengembangan dan peningkatan keterampilan bahasa lainnya. Menyimak merupakan dasar bagi proses pembelajaran bahasa yang akan mendorong keterampilan lainnya.
Paul T Rakin, dalam Tarigan (1998:34) menyatakan bahwa penggunaan waktu berkomunikasi seseorang adalah sebagai berikut : menulis (9%), membaca (16 %), berbicara (30 %) dan menyimak (45 %). Dengan demikian, keterampilan menyimak sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa. Namun, pelaksanaan pembelajaran menyimak sangat jarang dilaksanakan oleh guru.
Salah satu upaya meningkatkan prestasi pembelajaran menyimak adalah diterapkan teknik kata kunci, teknik kata kunci dipilih dalam pembelajaran keterampilan menyimak karena melalui teknik ini diharapkan kualitas keterampilan menyimak siswa akan meningkat.
Dengan demikian penulis tertarik meneliti dengan judul “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PIDATO SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KATA KUNCI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 KERINCI. “
Penulis mengadakan penelitian di sekolah SMP N 14 Kerinci karena SMP N 14 Kerinci memiliki kurang lebih 465 orang siswa yang terdiri dari 21 kelas. Guru pengajarnya pada umumnya telah S.I sarjana dan prasarana cukup memadai. Alasan penulis mengambil sampel penelitian di kelas IX adalah penulis mengajar di lokal tersebut.
Penulis temukan bahwa siswa-siswa di lokal tersebut sulit untuk menentukan hal-hal pokok dalam pidato, sulit menentukan isi pidato,sulit untuk menyimpulkan pesan pidato dan tidak mampu mengomentari pidato. Dengan teknik kata kunci penulis berharap kesulitan yang dihadapi siswa dapat diatasi.
Sumber: Pelatihan KTI untuk Guru SLTP dan SLTA 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Untuk perbaikan ke depan silakan tinggalkan saran ataupun komentar...